Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas menggunakan Teknik Jigsaw dalam membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Palu. Dalam penelitian ini, penelitian quasi-eksperimental digunakan sebagai desain penelitian. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Palu. Sampel dipilih dengan teknik purposive sampling yang terdiri dari dua kelompok: VIII B sebagai kelompok eksperimen dengan 22 siswa dan VIII C sebagai kelompok kontrol dengan 22 siswa. Instrumen penelitian adalah tes yang meliputi esai dengan 10 item dengan memberikan pre-test dan post-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa t hitung adalah 3,318 dan t-tabel 2,003 tingkat signifikansi 0,05 dan derajat kebebasan (df) adalah 42. Kemudian nilai t-hitung lebih tinggi dari nilai t-tabel. Ini berarti hipotesis penelitian diterima. Dapat disimpulkan bahwa teknik jigsaw efektif untuk meningkatkan pemahaman membaca siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Palu.Kata kunci: Pemahaman Membaca, Teknik Jigsaw.
Copyrights © 2019