Penelitian ini berkaitan dengan faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan berbicara siswa semester empat Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Muhammadiyah Palu. Penelitian ini mempertimbangkan kebutuhan pengembangan kemahiran berbahasa Inggris siswa, mengatasi masa-masa yang sangat menuntut setiap individu untuk dapat berbicara bahasa Inggris agar dapat bersaing dengan orang asing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang membantu kemampuan siswa berbahasa Inggris. Dalam penelitian ini, sembilan siswa terdiri dari tujuh perempuan dan dua laki-laki yang telah dianalisis. Cara deskriptif kualitatif digunakan untuk menguraikan hasil analisis data yang berasal dari respons siswa terhadap pertanyaan wawancara dan tes lisan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan berbicara terdiri dari faktor internal dan eksternal. Faktor internal meliputi motivasi, kepercayaan diri, dan minat, sedangkan faktor eksternal melibatkan lingkungan dan menggunakan bahasa ibu.Kata kunci: Kemampuan Bahasa Inggris, Faktor yang Mempengaruhi.
Copyrights © 2019