Hibualamo : Seri Ilmu-Ilmu Sosial dan Kependidikan
Vol 3 No 2 (2019)

PENGARUH MEDIA SANDPAPER LETTERS TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS ANAK KELOMPOK B DI PAUD CAHAYA ANANDA PALEMBANG

Suryani, Yuni Dwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media sandpaper letters terhadap kemampuan menulis pada anak kelompok B.  Menggunakan jenis Pre- Eksperimen desain One Shot Case Study. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan tes tertulis dan perbuatan. Hasil analisis thitung = 8,84 ? ttabel=1,78, sehingga terdapat pengaruh signifikan media sandpaper letters terhadap kemampuan menulis anak kelompok  B  PAUD Cahaya Ananda Palembang. Hal ini terbukti dari 13 orang anak ada 6 orang anak (46,15%) berada pada kategori Berkembang Sangat Baik (BSB), indikator menunjukkan huruf vokal dan huruf konsonan; selanjutnya ada 4 orang anak (30,76%) dari 13 orang anak berada pada kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH), indikator menyusun huruf membentuk kata mobil; kemudian ada 3 orang anak (23,07%)  dari 13 orang anak berada pada kategori Mulai Berkembang (MB), pada indikator menulis huruf vokal dan huruf konsonan serta menebalkan garis putus-putus; Sedangkan tidak ada anak pada kategori Belum Berkembang (BB).

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

HibSos

Publisher

Subject

Arts Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal ini dikelola dan diterbitkan oleh LPPM Universitas Hein Namotemo yang mempublikasikan artikel dalam bidang: 1. Filsafat 2. Sosial Humaniora 3. Budaya 4. Agama 5. ...