Cakrawala Dini : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 10, No 2 (2019): November 2019

IMPLEMENTASI KEGIATAN MENGGULUNG, MENGGUNTING, MENEMPEL (3M) ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI KEGIATAN BERMAIN KERTAS KOKORU PADA KELOMPOK B1 DI PAUD SEROJA IMAN SAMARINDA

Dewi Hendraningrat (Universitas Negeri Yogyakarta)
Puji Yanti Fauziah (Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2019

Abstract

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Upaya pelaksanaan kegiatan menggulung, menggunting, menempel  (3M) anak usia 5-6 tahun melalui kegiatan bermain kertas kokoru, (2) mengetahui faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi perkembangan  3M anak dalam bermain kertas kokoru. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yang terdiri dua variabel, yakni Implementasi Kegiatan 3M dan kertas kokoru. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan (1) teknik observasi (2) teknik wawancara dan (3) teknik dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) upaya pelaksanaan kegiatan  3M anak melalui kegiatan bermain kertas kokoru di Kelompok B1 di PAUD Seroja Iman adalah memperkenalkan kertas kokoru kepada anak, memperkenalkan cara bermain kertas kokoru kepada anak, mengajarkan langkah-langkah bermain kertas kokoru kepada anak, dari upaya itu anak yang memiliki minat bermain kertas kokoru menggunakan teknik 3M berjumlah 7 orang dari 8 orang anak (2) faktor-faktor yang dapat memperngaruhi minat anak dalam bermain kertas kokoru terdapat 3 faktor yaitu ketersediaannya warna kertas kokoru yang disukai anak, ketersediaannya buku tutorial bermain kertas kokoru yang berisi buah-buhan, binatang, atau tokoh kartun yang anak sukai, dan buah-buhan, binatang, atau tokoh kartun yang mereka lihat saat dirumah dijadikan objek dalam kegiatan bermain kertas kokoru.Kata Kunci : Implementasi, Kegiatan 3M, Kertas Kokoru

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

cakrawaladini

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Cakrawala Dini is a peer-reviewed scientific journal that publishes different kinds of scientific articles based on the research-article and ideas-article. All topics that we received only articles relating to early childhood education fields. For research category, articles can be written using ...