Conference on Innovation and Application of Science and Technology (CIASTECH)
CIASTECH 2019 "Inovasi Cerdas dan Teknologi Hijau untuk Industri 4.0"

IMPLEMENTASI DAN KOMPARASI ALGORITMA FUZZY C-MEANS DAN K-MEANS UNTUK MENGELOMPOKKAN SISWA BERDASARKAN NILAI AKADEMIK DAN PERILAKU SISWA (DATA SURVEY)

Hadian Artanto (Program Studi Teknik Informatika, Universitas Widyagama Malang)
Istiadi Istiadi (Program Studi Teknik Informatika, Universitas Widyagama Malang)
Fitri Marisa (Program Studi Teknik Informatika, Universitas Widyagama Malang)
Dwi Purnomo (Program Studi Teknik Informatika, Universitas Widyagama Malang)



Article Info

Publish Date
08 Nov 2019

Abstract

Di dunia pendidikan seringkali nilai akademik selalu dijadikan acuan apakah sudah berhasil atau tidak dalam proses menyelenggarakan pembelajaran dan bimbingan. Akan tetapi prestasi yang diperoleh oleh siswa dipengaruhi oleh banyak faktor seperti tingkat kedisiplinan. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk mengelompokkan siswa tidak hanya berdasarkan nilai akademik saja tetapi juga perilaku siswa sehari-hari dengan menggunakan algoritma K-Means dan Fuzzy C-Means (FCM). Penelitian ini menghasilkan rata-rata tingkat akurasi dari proses perhitungan algoritma K-Means mencapai 91% dan membutuhkan waktu 4.4105 detik. Sedangkan rata-rata tingkat akurasi dari proses perhitungan algoritma Fuzzy C-Means mencapai 68% dan membutuhkan waktu 5.5416 detik.

Copyrights © 2019