Seperti diketahui bersama bahwa kebutuhan peserta didik di SMP adalah untuk lulus UN, sehingga para guru bahasa Inggris tidak terlalu fokus pada keterampilan menulis. Target khusus yang diharapkan adalah para guru bahasa Inggris dapat merasakan manfaat dari Flash Card (kartu kata) sebagai Alat Permainan Edukatif (APE) pada pembelajaran keterampilan menulis. Metode pengabdian ini melalui beberapa tahapan yaitu : a) tahap analisa, b) tahap perancangan dan pengembangan konten, c) tahap pelaksanaan  dan d) tahap pelatihan. Tahap pelaksanaan pengabdian ini adalah memaparkan tentang pentingnya APE dalam pengajaran menulis. Kemudian dilanjutkan dengan membagi para guru bahasa Inggris dalam sepuluh kelompok dengan tujuan agar mereka mencoba membuat APE menggunakan bahan yang sudah tersedia. Selanjutnya, dilaksanakan workshop menggunakan alat dan bahan yang mudah didapat di sekitar. Untuk menunjukkan hasil dari pengabdian dalam khalayak penggiat ilmu, maka dilakukankan pembuatan jurnal dan publikasi ilmiah. Setelah merasakan manfaatnya, diharapkan mereka dapat mengaplikasikan dalam pengajaran writing. Hasil yang tampak dari pengabdian ini adalah para  guru memiliki motivasi yang lebih tinggi manakala mengetahui bahwa metode mengajar bisa lebih variatif dengan cara berkreasi menggunakan bahan yang mudah didapat menjadi sebuah media atau alat permainan edukatif seperti kartu kata atau flash cards.   Kata Kunci : game, APE, Flash Card, guru Bahasa Inggris, keterampilan menulis
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020