Comm-Edu (Community Education Journal)
Vol 3, No 2 (2020): Vol 3 No 2, Mei 2020

Teknik Identifikasi Kebutuhan Belajar Berbasis Partisipasi Masyarakat Dalam Pelatihan Kewirausahaan

Dayat Hidayat (Universitas Singaperbangsa Karawang)



Article Info

Publish Date
08 May 2020

Abstract

Kurang berhasilnya pengembangan program kewirausahaan masyarakat disebabkan rendahnya partisipasi warga belajar mengikuti pembelajaran di PKBM Nurul Furqon. Warga belajar kurang dilibatkan dalam merencanakan program pelatihan kewirausahaan yang dilaksanakan. Kondisi ini yang latar belakang pengurus melakukan identifikasi kebutuhan belajar masyarakat dalam menyusun program pelatihan kewirausahaan di PKBM Nurul Furqon. Teknik identifikasi ini digunakan untuk meningkatkan partisipasi warga belajar mengikuti pelatihan kewirausahaan berbasis partisipasi masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan teknik identifikasi kebutuhan belajar berbasis partisipasi masyarakat dalam pelatihan kewirausahaan di PKBM Nurul Furqon. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa tujuan identifikasi pelatihan kewirausahaan dilakukan untuk memperoleh data permasalahan yang dihadapi dan menentukan kebutuhan warga belajar, merumuskan, menyusun perencanaan, dan melaksanakan proses pelatihan kewirausahaan. Pada akhir proses pelatihan dilakukan penilaian yang bertujuan membandingkan seluruh modal atau biaya usaha yang dikeluarkan dengan hasil, manfaat, dan keuntungan usaha yang telah diperoleh warga belajar. 

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

comm-edu

Publisher

Subject

Education

Description

Comm-Edu Journal publishes original research or theoretical papers about : 1. non formal education 2. community education 3. community development 4. training and course 5. informal education 6. social communication to support community learning ...