Comm-Edu (Community Education Journal)
Vol 3, No 1 (2020): Volume 3 Nomor 1, Januari 2020

MANAJEMEN LEMBAGA TAMAN KANAK – KANAK BERPRESTASI DALAM RANGKA MECETAK ANAK USIA DINI YANG UNGGUL DAN BERKARAKTER (Studi Kasus di TK Islam Waladun Solih Desa Jayagiri Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat )

Rina Siti Patimah (Unknown)
Sri Nurhayati (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jan 2020

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan : perencanaan, pelaksanaan, hasil pelaksanaan, evaluasi dan kendala yang dihadapi lembaga sehingga bisa menjadi lembaga yang berprestasi di TK Islam waladun Sholih desa Jayagiri Lembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian yaitu satu orang pengelola dan tiga orang guru. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi.Hasil penelitian ini adalah : (1) Perencanaan yang dilakukan pengelola TK yaitu Kepala sekolah diantaranya membuat penyusunan program tahunan, pembagian tugas guru, dan persiapan pengadaan sarana dan prasarana, (2) Pelaksanaan program pendidikan yang dilakukan dengan baik, keterlibatan Kepala Sekolah dan semua guru dalam setiap kegiatan yang diselenggarakan, (3) Hasil pelaksanaan program yang dilakukan melalui evaluasi, dan monitoring dari Kepala sekolah dalam semua aspek manajemen lembaga sekolah, (4) beberapa kesulitan yang dihadapi yaitu keterbatasan sarana dan prasarana, kurangnya peran serta orang tua dan kurangnya  tenaga pendidiki (5) Upaya- upaya yang dilakukan dalam pelaksanaan program pendidikan di Lembaga TK dengan cara menambah sarana dan prasarana, mengadakan kegiatan parenting dan mengikuti seminar dan pelatihan yang dilaksanakan untuk meningkatkan kompetensi guru, (6) Adanya bantuan dan prioritas dari pemerintah setelah menjadi lembaga berprestasi. Rekomendasi penelitian mencakup pengoptimalan pelaksanaan program – program pendidikan, meningkatkan pengelolaan sarana dan prasarana sesuai delapan standar pendidikan, menambah tenaga pendidik, meningkatkan kompetensi guru dan mempertahankan semua prestasi lembaga yang telah didapat.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

comm-edu

Publisher

Subject

Education

Description

Comm-Edu Journal publishes original research or theoretical papers about : 1. non formal education 2. community education 3. community development 4. training and course 5. informal education 6. social communication to support community learning ...