Jurnal Riset Pendidikan Dasar
Vol 3, No 1: April 2020

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR

Andi Ardhila Wahyudi (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia)
Hamdana Hadaming (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran matematika melalui penerapan modelpembelajaran Talking Stick di Sekolah Dasar dengan materi penjumlahan terhadap siswa kelas 1 SD NegeriNo 9 Bone-Bone Kabupaten Takalar. Desain penelitian ini adalah pra-experiment design dengan jenis onegroup pretest-posttest design yaitu sebuah experiment yang dalam pelaksanaannya melibatkan satu kelassebagai kelas eksperimen. Adapun cara pengambilan sampel yaitu dengan sampling jenuh. Populasinyaadalah siswa kelas 1 SD Negeri No 9 Bone-Bone Kabupaten Takalar sebanyak 27 siswa.Adapun teknikpengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes dan observasi. Hasil dalam penelitian menunjukkanbahwa skor rata-rata hasil belajar matematika materi penjumlahan di kelas 1 SD Negeri No 9 Bon-BoneKabupaten Takalar sebelum penerapan model pembelajaran Talking Stick diperoleh hasil 64,81 sedangkansetelah dilaksanakan perlakuan dengan penerapan model pembelajaran Talking Stick dengan materi yangsama di peroleh skor rata-rata 80,74. Sehingga dapat disimpulkan terjadi peningkatan hasil belajar siswakelas 1 SD Negeri No 9 Bon-Bone Kabupaten Takalar dengan nilai rata-rata Gain ternomalisasi 0,51terdapat dalam kategori sedang.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jrpd

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD) [p-ISSN 2615-1723 | e-ISSN 2615-1766] menerbitkan artikel hasil penelitian di bidang pendidikan matematika, sains, bahasa Indonesia dan studi sosial untuk tingkat pendidikan dasar. Jurnal ini menerbitkan studi penelitian yang menggunakan berbagai metode dan ...