Jurnal Riset Pendidikan Dasar
Vol 3, No 1: April 2020

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL)

Reza Yuafian (ProdiPendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia)
Suhandi Astuti (ProdiPendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2020

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA siswa SD Negeri 5 Depok. Salah satu penyebab rendahnya hasil belajar siswa adalah kurangnya daya tarik siswa saat pembelajaran. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebanyak dua siklus. Hasil penelitian tindakan kelas pada pra siklus siswa yang tuntas sebanyak 6 siswa dari 22 anak atau 27% dari 100%, dengan nilai rata-rata 63. Pada siklus I sebanyak 12 siswa dari 22 anak atau 54% dari 100%, dengan nilai rata-rata 67. Selanjutnya pada siklus II sebanyak 19 siswa dari 22 anak atau 81% dari 100%, dengan nilai rata-rata 78. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran dengan menerapkan metode Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 5 Depok Tahun Pelajaran 2019/2020.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jrpd

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD) [p-ISSN 2615-1723 | e-ISSN 2615-1766] menerbitkan artikel hasil penelitian di bidang pendidikan matematika, sains, bahasa Indonesia dan studi sosial untuk tingkat pendidikan dasar. Jurnal ini menerbitkan studi penelitian yang menggunakan berbagai metode dan ...