Jurnal Riset Pendidikan Dasar
Vol 3, No 1: April 2020

IMPLEMENTASI PROGRAM PENDIDIKAN KARAKTER DI SD KANISIUS GENDONGAN SALATIGA

Betles Natalini (Unknown)
Agustina Tyas Asri Hardini (Program Studi Pendididkan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga, Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengevaluasi pelaksanaan program pendidikan karakter di SD Kanisius Gendongan Salatiga, 2) mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi pelaksanaan program pendidikan karakter di SD Kanisius Gendongan Salatiga, 3) mendeskripsikan dampak program pendidikan karakter di SD Kanisius Gendongan Salatiga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan model goal free evaluation. Subyek penelitian ini meliputi kepala sekolah, guru, orang tua serta siswa SD Kanisius Gendongan Salatiga. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknis analisis data kualitatif model Miles dan Huberman yang meliputi : 1) pengumpulan data, 2) reduksi data, 3) penyajian data, 4) kesimpulan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: 1) SD Kanisius Gendongan Salatiga dalam implementasi program pendidikan karakter mengembangkan beberapa strategi seperti adanya sosialisasi, pengembangan pendidikan karakter dalam kegiatan sekolah, kegiatan pembelajaran, kegiatan ekstrakurikuler dan budaya sekolah, 2) implementasi program pendidikan karakter di SD Kanisius Gendongan Salatiga sudah berjalan dengan baik, didukung oleh beberapa faktor seperti kondisi lingkungan belajar, sarana dan prasarana sekolah, lingkungan sosial dan pola asuh orang tua, 3) tanggapan dan konsep diri dari sebagian peserta didik SD Kanisius Gendongan Salatiga masih memerlukan pembiasaan untuk menanamkan setiap nilai-nilai karakter yang baik, 4) implementasi pendidikan karakter di SD Kanisius Salatiga berdampak positif bagi nilai akademik dan perilaku peserta didik dalam kehidupan sehari – hari.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jrpd

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD) [p-ISSN 2615-1723 | e-ISSN 2615-1766] menerbitkan artikel hasil penelitian di bidang pendidikan matematika, sains, bahasa Indonesia dan studi sosial untuk tingkat pendidikan dasar. Jurnal ini menerbitkan studi penelitian yang menggunakan berbagai metode dan ...