Berdasarkan pengamatan yang dilakukan, disimpulkan bahwa peserta didik bermasa bodoh, menyepelekan materi yang disampaikan, menganggu teman, bergurau, dan berbicara dengan temannya sehingga proses pembelajaran menyimak cerita rakyat tidka maksimal. Penelitian yang dilaksanakan merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran menyimak cerita rakyat dengan menggunakan media audio siswa kelas V SD Inpres Borong Jambu II Kec. Manggala Kota Makassar. Teknik yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif. Pembelajaran menyimak cerita rakyat dengan menggunakan media audio dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Inpres Borong Jambu II Kec. Manggala Kota Makassar. Peserta didik terlihat senang, tertarik, dan antusias dengan pembelajaran yang dilaksanakan, mereka terlihat bersemangat mengerjakan soal-soal yang diberikan ole guru bahkan mereka sudah percaya diri untuk naik kedepan kelas mempresentasikan hasil pekerjaannya.
Copyrights © 2020