Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 4 No 1 (2020): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika

Praktikalitas Bahan Ajar Matematika Terintegrasi Nilai Islam Menggunakan Pendekatan Saintifik untuk Pengembangan Karakter Peserta Didik

Nurhamdiah Nurhamdiah (Universitas Riau)
Maimunah Maimunah (Universitas Riau)
Yenita Roza (Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
05 May 2020

Abstract

Pengembangan karakter peserta didik menjadi fokus utama dalam dunia pendidikan. Hal ini didasarkan pada fakta tentang menurunnya karakter anak bangsa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar matematika terintegrasi nilai Islam melalui pendekatan saintifik yang valid dan praktis untuk mengembangkan karakter peserta didik pada materi himpunan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar praktikalitas yaitu angket respon peserta didik dan lembar pengamatan guru. Praktikalitas bahan ajar pada ujicoba lapangan adalah 92,60% dan hasil pengamatan guru dengan rata-rata 96,59%. Dapat disimpulkan bahwa bahan ajar matematika terintegrasi nilai islam menggunakan pendekatan saintifik yang dikembangkan praktis untuk mengembangkan karakter peserta didik kelas VII SMP/MTs.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...