Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 4 No 1 (2020): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika

Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pemahaman konsep Matematika Sekolah Dasar Pada Materi Bangun Datar

Melisari Melisari (IKIP SILIWANGI)
Asri Septihani (IKIP SIliwangi)
Arpin Chronika (IKIP SIliwangi)
Bunga Permaganti (IKIP SIliwangi)
Yeti Jumiati (IKIP SIliwangi)
Nelly Fitriani (IKIP SIliwangi)



Article Info

Publish Date
05 May 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal kemampuan pemahaman konsep matematika sekolah dasar pada materi bangun datar. Penilaian pada aspek pemahaman konsep bertujuan untuk mengetahui sejaiuh mana kemampuan siswa dalam soal pemahaman konsep metematika dengan indikator a) Menyatakan ulang sebuah konsep; b) Mengklasifikasikan objek-objek menurut sifat-sifat tertentu sesuai dengan konsepnya; c) Memberi contoh dan bukan contoh dari konsep; d) Menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematis; e) Mengembangkan syarat perlu atau syarat cukup suatu konsep; f) Menggunakan,memanfaatkan,dan memilih prosedur atau operasi tertentu; g) Mengaplikasikan konsep atau algoritma dalam pemecahan masalah matematis. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan studi kasus untuk menganalisis pemahaman konsep matematika siswa sekolah dasar dalam menyelesaiakan soal mengenai bangun datar. Dalam menentukan subjek penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan memilih dan memilah subjek yang memenuhi kriteria yang telah ditentukan. Subjek dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDS Pangkalan Kecamatan Babakan Ciparay yang berjumlah 17 orang. Instrumen dalam penelitian ini adalah soal tes pemahaman konsep matematika materi bangun datar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memiliki kemampuan pemahaman konsep matematika yang rendah pada materi bangun datar dan kesalahan yang dilakukan dalam mengerjakan soal berdasarkan analisis Newman sebagian besar terletak pada kesalahan memahami soal yaitu sebanyak 41,17%.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...