Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 4 No 1 (2020): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika

Analisis Kesulitan Siswa Berdasarkan Kemampuan Pemahaman Matematik Dalam Mengerjakan Soal Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar

Nurfitri Badraeni (IKIP SIliwangi)
Regi Ayu Pamungkas (IKIP SIliwangi)
Wahyu Hidayat (IKIP SIliwangi)
Euis Eti Rohaeti (IKIP SIliwangi)
Tommy Tanu Wijaya (Guangxi Normal University)



Article Info

Publish Date
05 May 2020

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kesulitan siswa berdasarkan indikator kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi bangun ruang sisi datar. Penelitian ini akan dijadikan sebagai studi pendahuluan dalam penelitian meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi bangun ruang sisi datar. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII di Mts Nurul Hidayah tahun ajaran 2018/2019. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data diambil dari hasil tes soal kemampuan pemahaman yang telah diberikan. Berdasarkan hasil tes soal ke 4 siswa cenderung tidak mengaitkan satu konsep atau prinsip dengan konsep atau prinsip lainnya dengan hasil presentase yang diperoleh 37,85% termasuk ke dalam kategori sangat kurang. Dan hasil tes soal ke 5 siswa cenderung tidak dapat menerapkan rumus dalam perhitungan sederhana dan mengerjakan perhitungan secara algoritmik (pemahaman instrumental) dengan hasil presentase yang diperoleh 28,57% termasuk ke dalam kategori sangat kurang. Dapat disimpulkan bahwa kesulitan siswa berdasarkan kemampuan matematis dalam menyelesaikan soal bangun ruang sisi datar pada saat mengerjakan soal ke 4 dan soal ke 5 karena siswa tidak mengaitkan satu konsep atau prinsip dengan konsep atau prinsip lainnya dan tidak menerapkan rumus dalam perhitungan sederhana dan mengerjakan perhitungan secara algoritmik.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...