Journal of Education Technology
Vol 4, No 1 (2020)

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA MODEL HANNAFIN ANF PECK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Yuli Yanti, Indri (Unknown)
Pudjawan, I Ketut (Unknown)
Wayan Suwatra, Ignatius I (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Mar 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mendeskripsikan rancang bangun pengembangan LKS dengan model Hannafin and Peck, (2) Untuk mengetahui kualitas hasil pengembangan LKS model Hannafin and Peck, (3) Untuk mengetahui efektivitas LKS IPA model Hannafin and Peck. Metode pengumpulan data, yaitu: metode kuisioner, dan tes pilihan ganda. Analisis data menggunakan deskripstif kualitatif, kuantitatif dan statistik inferensial/induktif uji-t.(1) Rancang Bangun pengembangan LKS, meliputi 3 tahapan: Analisis kebutuhan, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi). (2) LKS yang valid: (a) hasil review ahli isi mata pelajaran menunjukkan sangat baik (100%), (b) hasil review ahli desain pembelajaran menunjukkan baik (86%), (c) hasil review ahli media pembelajaran menunjukkan sangat baik (91%), (d) hasil review uji coba perorangan menunjukkan sangat baik (98%), (e) hasil review uji coba kelompok kecil menunjukkan sangat baik (97,5%), (f) hasil review uji coba lapangan menunjukkan sangat baik (92,7%). (3) hasil belajar IPA (thitung = 4.077 > ttabel = 1,67155 pada taraf signifikansi 5%).

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JET

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education

Description

Journal of Education Technology p-ISSN : 2549-4856, e-ISSN : 2549-8290 is a publication of research results and scientific thoughts in the fields of education, learning, evaluation, innovation including the development and implementation of new technologies in education and ...