Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial
Vol 5, No 2 (2019): Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial

MODEL PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GI (GROUP INVESTIGATION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS/SEJARAH SISWA KELAS IXG SMP NEGERI 3 SEMARAPURA

Sukasni, Ni Ketut (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar sejarah siswa kelas IXG  SMP Negeri 3 Semarapura pada semester 1 tahun  pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang melibatkan subjek  penelitian sebanyak 27 orang siswa kelas IXG SMP Negeri 3 Semarapura. Objek penelitian ini adalah hasil belajar siswa kelas IXG SMP Negeri 3 Semarapura pada semester 1 tahun pelajaran 2018/2019 dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe GI. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus dimana data hasil belajar siswa dikumpulkan dengan menggunakan tes hasil belajar. Data yang telah terkumpul selanjutnya dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe GI dapat meningkatkan hasil belajar siswa, yaitu dari nilai rata-rata sebesar 7,19 dengan daya serap 71,9% dan ketuntasan klaksikal 70,4% pada siklus I menjadi 7,93  dengan daya serap 79,3% dan ketuntasan klaksikal 100% pada siklus II, keduanya berada pada kualifikasi baik.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JIIS

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Sosial Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 6 bulanan dan jurnal ilmiah ini berisikan tulisan, artikel dan hasil penelitian yang menyangkut bidang ilmu ...