Paperless yang sedang nyaring digaungkan menuntut dosen untuk menemukan model pembelajaran yang tepat. Pembelajaran yang tadinya berjibaku dengan kertas, mau tidak mau harus diubah dengan menggunakan model pembelajaran yang menghemat kertas. Pada Program Studi Pendidikan Matematika, khususnya Matakuliah Teori Bilangan, hal ini bukan perkara mudah. Matakuliah yang banyak menggunakan teorema, hitung menghitung dengan kegiatan coret mencoret dalam lembaran-lembaran kertas tersebut harus diubah agar hanya menggunakan kertas seminimal mungkin. Mendukung hal tersebut, IKIP Budi Utomo Malang menyiapkan EzCast dan TV LED di ruang kelas. Penelitian ini ditujukan untuk mengembangkan perangkat tersebut dengan menggunakan program Macromedia Flash. Selanjutnya, media pembelajaran audiovisual yang dibuat dengan Macromedia Flash ini digunakan di ruang kelas dengan bantuan EzCast dan TV LED pada matakuliah Teori Bilangan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model Dick and Carrey. Penelitian dilakukan pada semester ganjil 2018/2019 kepada sebanyak 40 mahasiswa yang sedang menempuh Matakuliah Teori Bilangan. Hasil penelitian didapatkan bahwa media pembelajaran audiovisual dengan menggunakan Macromedia Flash yang ditayangkan dengan bantuan EzCast dan TV LED di ruang kelas dapat mendukung program paperless pada matakuliah Teori Bilangan. Model pembelajaran yang sedang dikembangkan ini rupanya mematahkan statement bahwa belajar Teori Bilangan harus selalu menghabiskan banyak kertas.
Copyrights © 2020