SIGMA
Vol 5, No 2 (2020): SIGMA

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARJO SUWATRI UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS

Ristia Havadoh Ervina (Unknown)
Soffil Widadah (Unknown)
Eka Nurmala Sari Agustina (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Mar 2020

Abstract

Sarana pendukung dalam proses pembelajaran submateri nilai rasio sudut istimewa trigonometri adalah media pembelajaran, mengajak siswa bermain sambil belajar merupakan upaya menciptakan situasi belajar yang menyenangkan, hidup, dan santai dalam proses belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan media pembelajaran permainan “Karjo Suwatri” (Kartu Jodoh Sudut Istimewa Trigonometri). Jenis Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan Dick dan Carry. Subjek ujicoba pada penelitian pengembangan media berupa “Karjo Suwatri” adalah siswa SMK Kemala Bhayangkari 1 waru dan siswa SMK Informatika Sumber Ilmu Tulangan. Penelitian dilakukan pada tahun ajaran 2018/2019 Semester Gasal. Tahapan pengembangan dalam penelitian ini yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Penilaian dari validator diperoleh rata-rata skor total yaitu 3,55 atau termasuk dalam kategori valid. Penilaian dari observer menunjukkan persentase aktivitas siswa adalah 85% tercapai atau termasuk dalam kategori praktis. Persentase respon siswa adalah 86,5% atau termasuk dalam kategori sangat positif serta 86,67% siswa memperoleh nilai tuntas atau 39 dari 45 subjek mendapatkan nilai 70. Berdasarkan hasil penelitian tersebut media pembelajaran permainan “Karjo Suwatri” dapat dikatakan valid, praktis dan efektif.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jurnal_sigma

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal SIGMA diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Madura Pamekasan. Artikel yang dimuat meliputi tulisan tentang pembelajaran baik SD, SMP, SMA maupun Perguruan Tinggi dalam bentuk: Temuan Penelitian, pembelajaran bidang studi ...