Komputasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer dan Matematika
Vol 4, No 7 (2007): Komputasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer dan Matematika

Aplikasi Transformasi 3 Dimensi sebagai Media Pengajaran (Studi Kasus Mata Kuliah Grafika Komputer)

Wahyudi Hasbi (Unknown)
Suryadi Suryadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2009

Abstract

Grafika komputer pada dasarnya merupakan suatu bidang ilmu komputer yang mempelajari tentang cara-cara untuk meningkatkan dan memudahkan komunikasi antara manusia dengan mesin komputer dengan jalan  membangkitkan, menyimpan dan memanipulasi gambar model suatu objek.  Dalam hal pengajaran grafika komputer sebagai mata kuliah, maka perlu  adanya pembuatan visualisasi dalam bentuk aplikasi untuk memudahkan pemahaman terhadap teori yang ada dalam grafika komputer. Salah satu contohnya adalah pembuatan aplikasi transformasi 3 dimensi dalam grafika komputer dengan menggunakan bahasa pemrograman visual yang telah ada, seperti OpenGL (Open Graphics Library) dengan Microsoft Visual C++, Microsoft Visual Basic, Delphi dan bahasa pemrograman lainnya yang  mendukung dalam pembuatan aplikasi grafis lainnya. Kata kunci : Grafika Komputer, Transformasi, Ttranslasi, Rotasi, Skala

Copyrights © 2007






Journal Info

Abbrev

komputasi

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Scientific Journal of Computer and Mathematical Science (Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer dan Matematika) is initiated and organized by Department of Computer Science, Faculty of Mathematics and Science, Pakuan University (Unpak), Bogor, Indonesia to accommodate the writing of research results for the ...