At-Ta'lim : Media Informasi Pendidikan Islam
Vol 18, No 2 (2019): DESEMBER

Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Narasi Berbasis Nilai-Nilai Islami Untuk Siswa MTs di Kabupaten Pemalang

Ixsir Eliya (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2019

Abstract

Abstract: Development of Narrative Text Teaching Material Based on Islamic Values For Islamic School StudentsAt Pemalang District. The Islamic values should be internalized in all the aspect of life, including in education. It is because education is the effort to increase the spiritual, intelligent, and emotional quotient’s students. The purpose of this study, namely describing the students and teachers’ needs to the teaching materials, prototyping materials, obtaining assessment the results and re-mediating of teachers and experts, as well as making improvements prototype teaching materials in writing narrative text based on Islamic values to the students of MTs in Kabupaten Pemalang. This study uses the research development design conducted research in five stage, namely preliminary survey, initial prototype development, product design, product validation, and product improvements. The results showed that students and teachers need high quality materials an can meet the needs of the students to the theory and practice in writing narrative text based on Islamic values. This is evident from the average value of the validation test results by teachers and expert lecturers at 86,34.Abstrak : Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Narasi Berbasis Nilai-Nilai Islami Untuk Siswa MTs di Kabupaten Pemalang Nilai-nilai islami harus diinternalisasikan dalam segala aspek  kehidupan, termasuk dalam pendidikan. Hal ini dikarenakan pendidikan merupakan usaha untuk meningkatkan kecerdasan spiritual, intelektual, dan emosional peserta didik. Tujuan penelitian ini, yaitu mendeskripsi kebutuhan siswa dan guru terhadap bahan ajar, membuat prototipe bahan ajar, memperoleh hasil penilaian dan saran perbaikan dari guru dan ahli, serta membuat perbaikan prototipe bahan ajar menulis teks narasi berbasis nilai-nilai islami untuk siswa MTs di Kabupaten Pemalang. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pengembangan yang dilakukan dalam lima tahap penelitian, yaitu potensi masalah, pengambilan data untuk mengembangkan prototipe, desain produk, validasi produk, dan perbaikan produk. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dan guru membutuhkan bahan ajar yang berkualitas dan dapat memenuhi kebutuhan siswa terhadap teori dan praktik menulis teks narasi sehingga keterampilan dalam menulis teks narasi meningkat. Bahan ajar menulis teks narasi layak digunakan dalam pembelajaran. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata hasil uji validasi oleh guru dan oleh dosen ahli sebesar 86,34

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

attalim

Publisher

Subject

Education

Description

At-Ta'lim : Media Informasi Pendidikan Islam memuat artikel tentang Pendidikan Islam hasil penelitian dan kajian di bidang Pendidikan Islam. Jurnal ini diterbitkan oleh Institut Agama Islam Negeri Bengkulu dua kali dalam setahun yaitu setiap bulan JUNI dan ...