EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 1, No 3 (2019): December Pages 97- 137

PENGARUH BAHAN AJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN OPEN ENDED PROBLEM TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA DI SEKOLAH DASAR

Faridatul Umi (Universitas Negeri Padang, Sumatera Barat, Indonesia)
Firman Firman (Universitas Negeri Padang, Sumatera Barat, Indonesia)
Neviyarni Neviyarni (Universitas Negeri Padang, Sumatera Barat, Indonesia)
Irdamurni Irdamurni (Universitas Negeri Padang, Sumatera Barat, Indonesia)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh  penggunaan bahan ajar matematika menggunakan pendekatan Open Ended Problem untuk meningkatkan kemampuan berfikir kreatif siswa kelas V SD melalui tes hasil belajar, metode peneltian yang digunakan adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Plus Marhamah Kota Padang, dengan sampel penelitian yaitu siswa kelas VA sebagai kelas kontrol dan kelas VB sebagai kelas eksperimen. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah skor hasil belajar siswa pada tes akhir pada materi pecahan  dari hasil yang diperoleh didapatkan informasi bahwa penggunaan  bahan ajar matematika berpengaruh terhadap peningkatann kemampuan berfikir kreatif siswa kelas V SD. Pada tes akhir diperoleh rata-rata kelas eksperimen sebesar 78,182 dan kelas kontrol sebesar 67,727. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen dan hasil perhitungan uji-t diperoleh thitung 2,434 dan ttabel 2,020  ini artinya thitung > ttabel, Ho ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan bahan ajar matematika berpengaruh terhadap kemampuan berfikir kreatif siswa kelas V SD.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...