EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 1, No 3 (2019): December Pages 97- 137

Seni Tari Dalam Peningkatan Rasa Percaya Diri Siswa Sekolah Dasar

Dhara Atika Putri (Universitas Negeri Padang, Sumatera Barat, Indonesia)
Desyandri Desyandri (Universitas Negeri Padang, Sumatera Barat, Indonesia)



Article Info

Publish Date
14 Dec 2019

Abstract

Rasa percaya diri merupakan bagian dari pendidikan karakter dan kepribadian siswa. Pendidikan karakter harus ditanamkan semenjak dini, melalui berbagai kegiatan misalnya kegiatan menari. Tari adalah seni yang diserap melalui indra penglihatan. Tetapi kekhususannya adalah keindahan yang dinikmati pada gerakan-gerakan tubuh, terutama gerakan kaki dan tangan, dengan ritme-ritme teratur, biasanya mengikuti irama musik. Seni tari juga tidak terlepas dari seni rupa karena gerak-gerak yang diperlihatkan diserap dengan indra penglihatan. Seni tari memiliki dampak yang baik terhadap perkembangan siswa. Dengan adanya tari bisa membuat siswa lebih percaya diri. Percaya diri yang dimiliki siswa bisa dilihat ketika siswa tidak merasa malu saat menari didepan keramaian.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...