FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Vol 5, No 2 (2019): FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika

ANALISIS KEBUTUHAN BAHAN AJAR EDUCATIONAL STATISTICS BERBASIS COOPERATIVE LEARNING

Dwi Astuti (Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta, Inodnesia)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2019

Abstract

Mata kuliah statistika pendidikan menjadi salah satu bekal mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akhirnya. Saat ini, sudah banyak ditemukan buku tentang statistika, tetapi perlu dianalisis kesesuaian dengan kebutuhan mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan bahan ajar statistika khusus dalam bidang pendidikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan subjek sebanyak 98 mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Ahmad Dahlan. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa perlu dikembangkan bahan ajar statistika khusus dalam bidang pendidikan. Bahan ajar yang dikembangkan memfasilitasi mahasiswa agar dapat mempelajari contoh-contoh penerapan statistika dalam bidang pendidikan, bahan ajar dikembangkan berdasarkan prinsip pembelajaran cooperative learning sehingga kerjasama antar mahasiswa akan terbentuk, bahan ajar yang dikembangkan merupakan bahan ajar yang interaktif. Bahan ajar yang dikembangkan akan diuji coba pada tahap berikutnya.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

fbc

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Fibonacci Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta adalah jurnal nasional berbasis penelitian ilmiah, secara rutin diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah ...