Jurnal Teknologi Pertanian Andalas
Vol 24, No 1 (2020)

PENGEMBANGAN AMPLANG UD. KELOMPOK MELATI MELALUI METODE VALUE ENGINEERING BERBASIS MARKETING MIX

Muhammad Indra Darmawan (Politeknik Negeri Tanah Laut)
Adzani Ghani Ilmannafian (Politeknik Negeri Tanah Laut)
Muhammad Iqbal (Politeknik Negeri Tanah Laut)



Article Info

Publish Date
04 Apr 2020

Abstract

Pengembangan usaha merupakan salah satu cara agar suatu usaha dapat bersaing dipasaran. Salah satu cara pengembangan usaha adalah dengan mengembangkan bauran pemasaran (Marketing mix). UD Kelompok Melati merupakan unit usaha yang bergerak dibidang pembuatan amplang. Sejak mulai beroperasi pada tahun 2014, UD Kelompok Melati belum banyak melakukan pengembangan usaha dalam hal bauran pemasaran yang didalamnya terdapat variabel produk, tempat, harga dan promosi. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan prioritas pengembangan usaha amplang menggunakan metode Value Engineering berdasarkan bauran pemasaran (Marketing mix). Tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah tahapan informasi, tahapan kreatif, tahapan analisis, tahapan pengembangan dan tahapan rekomendasi. Data penelitian diperoleh dari hasil wawancara dan kuesioner, kemudian dianalisis dengan Expert Choice versi 11. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prioritas pengembangan adalah bauran produk dengan nilai 0,551 serta alternatif prioritas untuk dikembangkan adalah varian rasa dengan nilai 0,529 dan rasa yang disukai adalah balado, jagung manis, balado dan pedas. Harga pokok produksi pengembangan ini sebesar Rp.6.345 dan BEP produksi 17 unit.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JTPA

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT

Description

Jurnal Teknologi Pertanian Andalas (JTPA) adalah publikasi ilmiah di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi pertanian. Artikel yang dimuat berupa hasil penelitian terkait ilmu pengetahuan dan teknologi pertanian yang belum pernah dipublikasikan di media lain (kecuali dalam bentuk abstrak atau karya ...