Pengembangan usaha merupakan salah satu cara agar suatu usaha dapat bersaing dipasaran. Salah satu cara pengembangan usaha adalah dengan mengembangkan bauran pemasaran (Marketing mix). UD Kelompok Melati merupakan unit usaha yang bergerak dibidang pembuatan amplang. Sejak mulai beroperasi pada tahun 2014, UD Kelompok Melati belum banyak melakukan pengembangan usaha dalam hal bauran pemasaran yang didalamnya terdapat variabel produk, tempat, harga dan promosi. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan prioritas pengembangan usaha amplang menggunakan metode Value Engineering berdasarkan bauran pemasaran (Marketing mix). Tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah tahapan informasi, tahapan kreatif, tahapan analisis, tahapan pengembangan dan tahapan rekomendasi. Data penelitian diperoleh dari hasil wawancara dan kuesioner, kemudian dianalisis dengan Expert Choice versi 11. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prioritas pengembangan adalah bauran produk dengan nilai 0,551 serta alternatif prioritas untuk dikembangkan adalah varian rasa dengan nilai 0,529 dan rasa yang disukai adalah balado, jagung manis, balado dan pedas. Harga pokok produksi pengembangan ini sebesar Rp.6.345 dan BEP produksi 17 unit.
Copyrights © 2020