Pesatnya perkembangan pembelajaran BIPA belum ditunjang dengan media pembelajaran yang memadai. Minimnya media pembelajaran BIPA mempengaruhi motivasi belajar dan capaian tujuan pembelajaran. Tujuan penelitian ini, yaitu mendeskripsikan proses pengembangan Kartu Kata sebagai media pembelajaran yang akan diterapkan pada mahasiswa BIPA tingkat A1 di Universitas Muhammadiyah Surakarta. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan mengadaptasi model Sukmadinata, metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah metode pencatatan dokumen dan wawancara yang kemudian dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa BIPA Tingkat A1 di Universitas Muhammadiyah Surakarta Tahun ajaran 2019/2020. Objek penelitian adalah pengembangan media pembelajaran Kartu Kata. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa desain pengembangan media Kartu Kata sudah sesuai dengan prinsip penyusunan media visual dan sesuai dengan SKL (Standar Kompetensi Lulusan) atau bahan ajar BIPA Tingkat A1
Copyrights © 2020