Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode problem solving berbantuan PhET terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan pre-test dan post-test control group design. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas XI MA Darussalimin NW Sengkol Mantang tahun pelajaran 2018/2019. Jumlah sampel adalah 21 siswa untuk kelas eksperimen dan 23 siswa untuk kelas kontrol yang diambil dengan teknik random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t-tes menggunakan SPSS v-17 for windows. Hasil pengujian hipotesis diproleh nilai t-test lebih rendah (0.00) dibandingkan dengan nilai t-tabel (0.05). Hasil tersebut menunjukkan bahwa Hoditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran problem solving berbantuan PhET berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 0000