Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 5 No 1 (2019): Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Penerapan Pendekatan Saintifik Di Kelas V SDN-8 Palangka Kota Palangka Raya

Ichyatul Afrom (Universitas Muhammadiyah Palangkaraya)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2019

Abstract

Pendekatan pembelajaran dapat diartikan sebagai titik tolak atau sudut pandang kita terhadap proses pembelajaran, yang merujuk pada pandangan tentang tentang terjadinya suatu proses yang sifatnya masih sangat umum, di dalamnya mewadahi, menginspirasi, menguatkan dan melatari metode pembelajaran dengan cakupan teoritis tertentu. Pendekatan (approach) pembelajaran adalah cara yang ditempuh guru dalam pelaksanaan agar konsep yang disajikan bisa beradaptasi dengan peserta didik. Pembelajaran saintifik menerapkan lima keterampilan ilmiah dalam pembelajaran yaitu keterampilan mengamati (observasing), menanya (questioning), mencoba/mengumpulkan informasi (experimenting), mengasosiasi/menalar (associanting), dan mengkomunikasikan hasil temuan (networking). Pembelajaran dengan pendekatan saintifik diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada siswa dalam mengenal dan memahami berbagai materi yang diberikan dengan menggunakan metode ilmiah.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

tunas

Publisher

Subject

Education

Description

Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar is a Scientific Journal managed by Department of Elementary Teacher Education Faculty of Teacher Training and Education Universitas Muhammadiyah Palangkaraya and published twice a year (in March and September) by Institute for Researches and Community ...