Penelitian ini bertujuan untuk menelaah pencapaian dan peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematik siswa SMA yang pembelajarannya menggunakan pendekatan Problem-Based Learning dibandingkan dengan yang menggunakan pembelajaran biasa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi-eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA di Kabupaten Bandung Barat sedangkan sampel dipilih dua kelas XI SMAN di Ngamprah. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes tipe uraian yang terdiri dari lima butir soal dengan indikator kemampuan berpikir kreatif matematik. Data hasil penelitian dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan uji statistik (uji-t). Adapun hasil penelitiannya adalah 1) Pencapaian kemampuan berpikir kreatif matematik siswa SMA yang pembelajaranya menggunakan pendekatan ProblemBased Learning lebih baik daripada siswa SMA yang menggunakan pembelajaran biasa, dengan kategori untuk kemampuan berpikir kreatif sedang. 2) Peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematik siswa SMA yang pembelajaranya menggunakan pendekatan Problem-Based Learning lebih baik daripada siswa SMA yang menggunakan pembelajaran biasa, dengan kategori untuk kemampuan berpikir kreatif sedang.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019