Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh multimedia interaktif terhadap pembelajaran huruf hijaiyah pada siswa tunarungu ringan kelas IX di SLB-B dan Autis TPA Jember. Penelitian ini menggunakan metode Single Subject Research (SSR) desain A-B. Subjek penelitian ini adalah siswa yang berinisial BG. Penelitian dilakukan dalam 10 sesi yang dilakukan pada dua fase yaitu fase baseline (A) adalah 60%, 66%, 66%, 70%, dan 60%. Sedangkan pada fase intervensi (B) antara lain 77%, 73%, 80%, 83%, 83%. Dari data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Selisih perubahan level dari fase baseline (A) sampai awal fase intervensi (B) meningkat (+17).Maka diketahui bahwa ada pengaruh multimedia interaktif terhadap pembelajaran huruf hijaiyah pada siswa tunarungu ringan kelas IX di SLB-B dan Autis TPA Jember.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020