The purpose of this research is to examine professional competency instrument validity on the assessment of teacher work performance based on the analysis of Aiken's V and confirmatory factor analysis (CFA). The assessment of teacher work performance is the assessment of work result achieved by a teacher in organizational units in accordance with work goals and teacher work attitude. The type of this research is a quantitative descriptive where the researcher collect the data/information as much as possible about teacher work performance through teacher professional competency. The data that have been collected are used to set the assessment of teacher work performance instrument in terms of professional competency. Data collection techniques in this research used test instrument. Data analysis techniques in this research through:1) the research of expert judgment that is considered capable by paying attention to material, construction, language used in the item and then continued using the Aiken's V formula; 2) factor analysis that serves to summarize or reduce observation variables become new dimensions that present the main variable (factor). The conclusions in this research, namely: 1) the results of testing the validity of Aiken's V content of 0.75 in the professional competence instrument, this indicates that the instrument can be used because it has been fulfilled substantially, construction, and language aspects; 2) the validity test result by confirmatory factor analysis shows that the 16 items on professional competency can be used to assess teacher work performance.Tujuan penelitian ini untuk menguji validitas instrumen kompetensi profesional pada penilaian prestasi kerja guru berdasarkan analisis Aiken’s V dan confirmatory factor analysis (CFA). Penilaian prestasi kerja guru merupakan penilaian hasil kerja yang dicapai oleh seorang guru pada satuan organisasi sesuai dengan sasaran kerja dan perilaku kerja guru. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuntitatif dimana peneliti menggali dan mengumpulkan data/informasi sebanyak-banyaknya tentang prestasi kerja guru melalui kompetensi profesional guru. Data yang telah terkumpul selanjutnya digunakan untuk menyusun instrumen penilaian prestasi kerja guru ditinjau dari kompetensi profesional. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen tes. Teknik analisis data pada penelitian ini melalui: 1) telaah expert judgment yang dianggap mampu dengan memperhatikan: materi, konstruksi, dan bahasa yang digunakan dalam butir soal dan selanjunya diteruskan menggunakan formula Aiken’s V dan 2) analisis faktor yang berfungsi untuk meringkas atau mereduksi variabel-variabel pengamatan menjadi bentuk dimensi baru yang mempresentasikan variabel utama (faktor). Kesimpulan dalam penelitian ini, yaitu: 1) hasil pengujian validitas isi Aiken’s V sebesar 0.75 pada intrumen kompetensi profesional, hal ini menunjukkan instrumen dapat digunakan karena telah terpenuhi secara subtansial, kontruksi, dan aspek bahasanya dan 2) hasil pengujian validitas secara analisis confirmatory factor analysis menunjukkan bahwa ke 16 butir pada kompetensi profesional dapat digunakan untuk menilai prestasi kerja guru.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019