Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE)
Vol 5, No 2 (2019): Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE)

MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE BERBANTU MEDIA MONOPOLI PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Widia Astuti (Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Pancasakti Tegal)
Isnani Isnani (Unknown)
Wikan Budi Utami (Unknown)
Fikri Aulia (Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Pancasakti Tegal)



Article Info

Publish Date
22 Jan 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Think Pair Share berbantu media monopoli pada materi aritmatika sosial kelas VII SMP Negeri 13 Kota Tegal. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, dokumentasi dan angket. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII E dan VII F. Kelas VII E adalah kelas eksperimen dan kelas VII F adalah kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar peserta didik mencapai 60% berarti bahwa lebih besar dari standar sekolah, minat belajar matematika mencapai 75%, berarti minat berpengaruh positif terhadap prestasi belajar matematika peserta didik. Prestasi peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Think Pair Share berbantu media monopoli lebih baik dari pada model pembelaaran konvensional. Kata kunci: Think Pair Share; Minat belajar; Prestasi peserta didik

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

surya

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

JURNAL PENDIDIKAN SURYA EDUKASI (JPSE) diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah Purworejo sebagai media penuangan hasil penelitian bidang pendidikan. Terbit dua kali dalam setahun tiap bulan Desember dan Juni. ...