Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan pemahaman mata pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode saintifik pada pembelajaran praktikum dengan harapan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Metode observasi yang digunakan yaitu Quasi Eksperimen dengan menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain pretes dan postes. Populasi dalam penelitian ini di SDN Jayagiri Kecamatan Ngamprah Kabupaten Bandung Barat dengan sampel penelitian di kelas IV dengan jumlah sebanyak 60 siswa. Metode yang digunakan untuk membandingkan antara kelas eksperimen yang menggunakan metode saintifik pada pembelajaran praktikum sebanyak 30 siswa dan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional sebanyak 30 siswa. Sebelum melakukan treatmen, kedua kelas tersebut diberi soal pretes, setelah itu, guru memberikan pembelajaran pada kedua kelas tersebut selama 8 kali pertemuan. Diakhir pertemuan siswa diberi soal postes untuk mengetahui hasil pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji N-Gain dengan perhitungan menggunakan SPSS 23 bahwa rata-rata untuk kelas eksperimen sebesar 0,62 dan rata-rata untuk kelas kontrol sebesar 0,38. Data tersebut menunjukkan bahwa rata-rata N-Gain kelas eksperimen lebih besar dibanding kelas kontrol artinya ada peningkatan hasil belajar untuk kelas eksperimen dibanding kelas kontrol.Kata Kunci: Meningkatkan Hasil Belajar Siswa, Metode Saintifik, Pembelajaran Praktikum.
Copyrights © 2020