Telah dilakukan penelitian tentang implementasi model inquiry based learning (IBL) berbantuan media perminan kata-list terhadap motivasi dan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan pada motivasi siswa, (2) perbedaan pada hasil belajar, (3) hubungan antara motivasi dan hasil belajar, (4) respon siswa. Metode penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain equivalent control group. Sampel penelitian adalah kelas MIA 3 sebagai kelas kontrol dan MIA 1 sebagai kelas eksperimen di SMA Negeri 10 Banjarmasin. Variabel bebas adalah model IBL berbantuan media permainan kata-list, sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar dan motivasi. Data dikumpulkan menggunakan teknik non-tes dan tes. Inferensial dan dekriptif merupakan teknik analisis data yang digunakan. Hasil yang diperoleh menunjukan adanya (1) perbedaan motivasi secara signifikan antara pembelajaran yang menerapkan pendekatan saintifik dengan berbantuan media permainan kata-list dan pembelajaran dengan pendekatan saintifik, (2) perbedaan hasil belajar pengetahuan yang signifikan pada pembelajaran yang menerapkan pendekatan sainfitik dengan berbantuan media permaianan kata-list dan pembelajaran dengan pendekatan saintifik, (3) hubungan positif antara motivasi dengan hasil belajar siswa, (4) siswa memberi respon sangat positif terhadap pembelajaran yang menerapkan model IBL berbantuan media permainan kata-list.
Copyrights © 2019