Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan cinema therapy dalam meningkatkan keterampilan sosial pada peserta didik kelas VIII di SMPN 1 Cileunyi – Bandung Tahun Pelajaran 20182019. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan jenis penelitian pretestposttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPN 1 Cileunyi tahun Pelajaran 2018-2019. Sampel diambil berdasarkan teknik random sampling. Dengan menggunakan teknik pengambilan sampel tersebut maka diperoleh hasil kelas VIII-H sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-J sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket keterampilan sosial. Perlakuan pada kelas eksperimen diberikan sebanyak lima sesi. Setelah diberikan perlakuan maka diperoleh hasil post-test yang kemudian diolah dengan menggunakan SPSS 25 dan diperoleh hasil data berdistribusi normal dan homogen. Kemudian untuk menguji hipotesis digunakan paired sample t test dan independent sample t-test. Hasil rata-rata skor pre-test kelas eksperimen 113,89 dan hasil rata-rata post-test 131,11. Sementara kelas kontrol hasil rata-rata pre-test 114,56 dan hasil rata-rata post-test 123,89. Dengan melihat Sig. (2-tailed) paired sample t test kelas eksperimen yaitu 0,000 > 0,05. Dan Sig. (2-tailed) independent sample t-test 0,018<0,05. Maka Ha diterima, artinya cinema therapy berpengaruh terhadap keterampilan sosial peserta didik kelas VIII SMPN 1 Cileunyi Tahun Pelajaran 2018-2019.
Copyrights © 2020