QUANTA
Vol. 4 No. 1 (2020): VOLUME 4, NUMBER 1, JANUARY 2020

PENERAPAN CINEMA THERAPY DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL PESERTA DIDIK KELAS VIII

Habsyah, Nenden Yulianingsih (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jan 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan cinema therapy dalam meningkatkan keterampilan sosial pada peserta didik kelas VIII di SMPN 1 Cileunyi – Bandung Tahun Pelajaran 20182019. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan jenis penelitian pretestposttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPN 1 Cileunyi tahun Pelajaran 2018-2019. Sampel diambil berdasarkan teknik random sampling. Dengan menggunakan teknik pengambilan sampel tersebut maka diperoleh hasil kelas VIII-H sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-J sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket keterampilan sosial. Perlakuan pada kelas eksperimen diberikan sebanyak lima sesi. Setelah diberikan perlakuan maka diperoleh hasil post-test yang kemudian diolah dengan menggunakan SPSS 25 dan diperoleh hasil data berdistribusi normal dan homogen. Kemudian untuk menguji hipotesis digunakan paired sample t test dan independent sample t-test. Hasil rata-rata skor pre-test kelas eksperimen 113,89 dan hasil rata-rata post-test 131,11. Sementara kelas kontrol hasil rata-rata pre-test 114,56 dan hasil rata-rata post-test 123,89. Dengan melihat Sig. (2-tailed) paired sample t test kelas eksperimen yaitu 0,000 > 0,05. Dan Sig. (2-tailed) independent sample t-test 0,018<0,05. Maka Ha diterima, artinya cinema therapy berpengaruh terhadap keterampilan sosial peserta didik kelas VIII SMPN 1 Cileunyi Tahun Pelajaran 2018-2019.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

quanta

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Quanta focus is a medium for dissemination of research results based on philosophical, conceptual, and empirical studies of Counseling and Counseling in Education. The Scope of Quanta publishes research articles in based on philosophical, conceptual, and empirical studies of Counseling and ...