Abstrak: Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Matapelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) implementasi pendidikan karakter pada mata pelajaran IPS, (2) faktor pendukung dan penghambat, serta (3) solusi mengatasi hambatan implementasi pendidikan karakter di SMP Brawijaya Smart school. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Brawijaya Smart School Malang, dengan subjek penelitian adalah guru, menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan analisis dokomen. Analisis data dilakukan dengan penyajian data, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah implemetasi pendidikan karakter telah berjalan sesuai dengan rencana, karena di dukung oleh faktor guru, manajemen sekolah berbasis karakter dan dukungan masyarakat. Namun, ada beberapa kendala seperti masalah penilaian sikap dan faktor lingkungan, sehingga solusi untuk mengatasi masalah adalah membuat format penilaian serta pemasangan kamera pemantau disetiap lorong dan kelas.
Copyrights © 2018