Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Vol 8, No 1 (2020): Delta Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika

ETNOMATEMATIKA MOTIF CEPLOKAN BATIK YOGYAKARTA DALAM PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA

Siska Andriani (IAIN RADEN INTAN LAMPUNG)
Indri Septiani (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Feb 2020

Abstract

Pemahaman konsep merupakan suatu aspek yang sangat penting dalam pembelajaran, dengan memahami konsep siswa dapat mengembangkan kemampuannya dalam setiap materi yang diajarkan.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa terhadap konsep matematika terutama pada geometri transformasi sehingga diberikan perlakuan pembelajaran matematika dengan memanfaat budaya, yaitu pada motif batik yogyakarta. Etnomatematika sebagai media dalam pembelajaran matematika juga bertujuan untuk mengenalkan dan melestarikan budaya yang ada di Indonesia. Penelitian ini di lakukan di SMA N 01 Bangunrejo, Kabupaten Lampung Tengah, Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan melibatkan sampel sebanyak 41 siswa yang terbagi menjadi 2 kelas, yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan  . Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa ada peningkatan pemahaman konsep geometri transformasi bermuatan etnomatematika pada motif batik ceplokan yogyakarta pada siswa kelas XI dimana diperoleh nilai   dan  , karena nilai   kurang dari   maka dapat disimpulkan bahwa etnomatematika pada motif ceplokan Yogyakarta dapat meningkatkan memahaman konsep matematika siwa.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

Delta

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Delta Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika menyajikan informasi mutakhir hasil kajian dan penelitian bidang matematika dan pendidikan. Lingkup matematika meliputi statistik, aljabar, geometri, analisis, komputer, terapan. Sedangkan lingkup pendidikan meliputi pembelajaran matematika, media ...