Pemahaman konsep merupakan suatu aspek yang sangat penting dalam pembelajaran, dengan memahami konsep siswa dapat mengembangkan kemampuannya dalam setiap materi yang diajarkan.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa terhadap konsep matematika terutama pada geometri transformasi sehingga diberikan perlakuan pembelajaran matematika dengan memanfaat budaya, yaitu pada motif batik yogyakarta. Etnomatematika sebagai media dalam pembelajaran matematika juga bertujuan untuk mengenalkan dan melestarikan budaya yang ada di Indonesia. Penelitian ini di lakukan di SMA N 01 Bangunrejo, Kabupaten Lampung Tengah, Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan melibatkan sampel sebanyak 41 siswa yang terbagi menjadi 2 kelas, yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan . Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa ada peningkatan pemahaman konsep geometri transformasi bermuatan etnomatematika pada motif batik ceplokan yogyakarta pada siswa kelas XI dimana diperoleh nilai dan , karena nilai kurang dari maka dapat disimpulkan bahwa etnomatematika pada motif ceplokan Yogyakarta dapat meningkatkan memahaman konsep matematika siwa.
Copyrights © 2020