Jurnal Isema : Islamic Educational Management
Vol 4, No 2 (2019): Jurnal Islamic Educational Management

PROTOTIPE SUPERVISI PENDIDIKAN DAN KINERJA KEPALA SEKOLAH/MADRASAH DALAM RANGKA PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN

Wahyu Iskandar (UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
Muhammad Yusuf (UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
Annisa Annisa (UIN SUMATERA UTARA MEDAN)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperkenalkan Prototipe (contoh khas) supervisi pendidikan dan kinerja kepala sekolah dalam mengakomodir juga meningkatkan mutu pendidikan dalam pengembangan pembelajaran yang melingkupi Sekolah/Madrasah. Tulisan ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka yang mengambil beberapa referensi dari berbagai literatur. Hasil dari penelitian bahwa (1) supervisi pendidikan memiliki Konsep Dasar (defenitif, tujuan, prinsip sampai kepada teknik dalam rangka peningkatan mutu) (2) adapun langkah yang ditempuh dalam menjalankan kinerja kepala sekolah/mardrasah guna peningkatan mutu ditinjau dari tujuan dan unsur penilaian yang harus dicapai (3) metode  dan prosedur pemberian nilai dalam penilaian kinerja kepala sekolah/madrasah dalam rangka peningkatan mutu. Kata kunci : Supervisi, Kinerja kepala sekolah, Peningkatan mutu

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

isema

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

JURNAL IsEMa (Islamic Educational Management) ialah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan oleh Laboratorium Jurusan/Prodi S1 Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Jurnal ini memfokuskan diri pada kajian ilmu manajemen pendidikan Islam. ...