Jurnal Isema : Islamic Educational Management
Vol 4, No 2 (2019): Jurnal Islamic Educational Management

KETERLIBATAN MASYARAKAT DALAM PENGEMBANGAN MUTU MADRASAH: STUDI PROGRAM KOMITE DI MIN 1 BANTUL YOGYAKARTA

Mida Astarina (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)
Asnafiyah Asnafiyah (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2019

Abstract

Pengembangan mutu madrasah perlu keterlibatan masyarakat untuk mendukung setiap kegiatan yang sudah dirumuskan oleh madrasah. Komite madrasah sebagai wakil masyarakat memiliki peran penting untuk bekerjasama dengan madrasah dalam pengembangan mutu pendidikan. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan, pertama, program komite dalam pengembangan mutu pendidikan di MIN 1 Bantul meliputi (1) peningkatan mutu manajemen, (2) pengembangan program komite, (3) mujahadah dan sima’an Al-Qur’an, (4) paguyuban, (5) patembayan, (6) infak pendirian musholla, (7) santunan anak yatim, (8) bantuan subsidi silang, (9) madrasah sehat, (10) madrasah Adiwiyata, (11) pendampingan dan, (12) gemar menabung. Kedua, komite madrasah telah berhasil menjadi mitra MIN 1 Bantul dalam pengembangan mutu pendidikan madrasah yang meliputi peningkatan kesejahteraan Sumber Daya Manusia (SDM), perbaikan sarana dan prasarana, dan pengabdian masyarakat.Kata Kunci: Komite, Madrasah, Mutu

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

isema

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

JURNAL IsEMa (Islamic Educational Management) ialah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan oleh Laboratorium Jurusan/Prodi S1 Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Jurnal ini memfokuskan diri pada kajian ilmu manajemen pendidikan Islam. ...