Child Education Journal
Vol 1 No 2 (2019): Bahasa sebagai Sarana Komunikasi dan Penyaluran Emosi Anak: Issue : Desember

Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Daerah Melalui Cerita Rakyat Digital pada Siswa Sekolah Dasar: Sebuah Studi Pengembangan

Ayu, Rr. Fadila Kusumaning (Unknown)
Sari, Silvi Puspita (Unknown)
Setiawan, Berliana Yunarti (Unknown)
Fitriyah, Fifi Khoirul (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2019

Abstract

ABSTRAK : Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media cerita rakyat digital berupa aplikasi “Hikanusa” yang digunakan untuk mempertahankan Bahasa Daerah. Jenis penelitian ini menggunakan Research and Development (R&D). Uji ahli dilakukan oleh dua orang yaitu, ahli Sistem Informasi dan ahli pendidikan Bahasa Daerah. Aplikasi “Hikanusa”dapat dijadikan sebagai media pembelajaran bagi siswa sekolah dasar sehingga siswa mudah belajar bercerita menggunakan Bahasa Daerah. Harapannya jumlah generasi penutur akan bertambah mencegah dari kepunahan Bahasa Daerah. Saran untuk penelitian selanjutnya: untuk menguji efektifitas aplikasi “Hikanusa” menggunakan metode eksperimen. ABSTRACT : This research aims to develop digital folklore media in the form of the "Hikanusa" application that is used to maintain the regional languages. This type of research uses Research and Development (R&D). Expert tests were carried out by two people namely, Information Systems experts and Regional Language education experts. The application "Hikanusa" can be used as a learning medium for elementary school students so that students easily learn to tell stories using the Local Language. It is hoped that the number of speakers generation will increase to prevent the extinction of regional languages. Suggestions for further research: to test the effectiveness of the "Hikanusa" application using the experimental method

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

CEJ

Publisher

Subject

Education

Description

Child Education Journal (CEJ) dikelola oleh Tim Redaksi Jurnal dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidiakn (FKIP) UNUSA yang diterbitkan oleh Unusa Press. Fokus CEJ adalah pada bidang pendidikan yang secara khusus memiliki ketertarikan pada hasil-hasil penelitian pendidikan anak. Tujuan jurnal ini ...