Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra
Vol. 4 No. 2 (2018)

Implemtasi Strategi Deduktif-Induktif dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VII SMPN 2 Palopo

Abd. Rahim ruspa (Universitas Cokroaminoto Palopo)
Kamaruddin (Universitas Cokroaminoto Palopo)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan rencana pembelajaran Bahasa Indonesia melalui strategi deduktif-induktif siswa kelas VII SMP Negeri 2 Palopo. Strategi pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru bahasa dan sastra Indonesia kelas VII SMP Negeri 2 Palopo dengan menggunakan pola pengelolaan deduktif dan induktif sudah tercermin, yakni pola pengelolaan deduktif 3 kali muncul dan pola pengelolaan induktif 2 kali muncul dalam kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru di kelas. Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang telah dibuat oleh guru bahasa dan sastra Indonesia kelas VII SMP Negeri 2 Palopo sudah mencerminkan strategi pembelajaran dengan menggunakan pola pengelolaan deduktif dan induktif, namun masih sangat terbatas pada RPP ke-2 (pola pengelolaan deduktif dan induktif). Alat evaluasi yang telah dibuat oleh guru bahasa dan sastra Indonesia kelas VII SMP Negeri 2 Palopo sudah mencerminkan strategi pembelajaran dengan menggunakan pola pengelolaan deduktif dan induktif, yaitu deduktif hanya 1 kali muncul dan pola pengelolaan induktif muncul sebanyak 3 kali dalam soal ulangan harian yang telah dibuat oleh guru tersebut

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

onoma

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Onoma adalah jurnal akademik yang diterbitkan pada bulan Mei dan November oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Universitas Cokroaminoto Palopo. Jurnal ini menyajikan artikel-artikel ilmiah tentang pendidikan, bahasa dan sastra Indonesia. ...