Stabilita : Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Halu Oleo Kendari
Vol 7, No 3 (2019): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil

ANALISIS BESARAN TINGKAT KEBISINGAN LALULINTAS PADA JALAN M. T. HARYONO - AHMAD YANI KOTA KENDARI (Studi Kasus : Ade Swalayan – Central Gym)

Rini Sriyani (Universitas Halu Oleo)
Ranno Marlany Rachman (Universitas Halu Oleo)
Fathur Rahman Rustan (Universitas Sembilanbelas November Kolaka)
Vita Asria (Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2019

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kebisingan lalu lintas yang terjadi pada Jalan MT. Haryono – Ahmad Yani (Ade Swalayan – Central Gym), membandingkan hasil analisa tingkat kebisingan pada hari Senin, Rabu, Sabtu dan Minggu.Perhitungan analisa tingkat kebisingan ini dilakukan dengan menggunakan data hasil survei volume lalu lintas, data hasil survei kecepatan di lokasi penelitian dan data survei gradient jalan serta sudut pantul bangunan dengan analisa perhitungan menggunakan metode Transport Road and Research Laboratory (TRRL).Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kebisingan maksimum lalu lintas yang ada pada kawasan tersebut berada pada Segmen II  yang  pada hari Senin sebesar 73,90 dB(A), pada hari Rabu sebesar 73,47 dB(A), pada hari Sabtu sebesar 73,97 dB(A), dan pada hari Minggu sebesar 73,99 dB(A). Hal ini karena tingginya volume lalu lintas, gradien jalan yang lebih tinggi dan tidak adanya bangunan peredam kebisingan. Kata Kunci :   Volume Kecepatan, Kebisingan, TRRL.ABSTRACTThis study aims to determine the level of traffic noise that occurs in the MT. Haryono - Ahmad Yani Street (Ade Swalayan - Central Gym), comparing the results of noise level analysis on Monday, Wednesday, Saturday and Sunday..The noise level analysis calculation is done by using traffic volume survey data, speed survey data in the research location and road gradient survey data and building reflection angle by analyzing calculations using the Transport Road and Research Laboratory (TRRL) method.The results of this study indicate that the maximum noise level of traffic in the area in Segment II which on Monday amounted to 73.90 dB(A), on Wednesday at 73.47 dB(A), on Saturday at 73.97 dB(A), and on Sunday at 73.99 dB(A). This is caused the high volume of traffic, higher road gradients and noise cancellation.  Keywords  :    Volume, Speed, Noise, TRRL.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

stabilita_jtsuho

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Engineering Transportation

Description

STABILITA hadir karena tuntutan intelektual dalam merespon isu-isu aktual terkait berbagai problematika dan menjadi wadah informasi bidang Teknik Sipil dalam konteks kekinian. Jurnal STABILITA ini mengangkat tulisan/karya ilmiah bidang Teknik Sipil (kajian transportasi, kajian struktur, kajian ...