Jurnal GeoEkonomi
Vol. 10 No. 2 (2019)

Kualitas Pelayanan Hotel Le Grandeur Balikpapan Terhadap Kepuasan Pelanggan

Nina Indriastuty (Universitas Balikpapan)
Sudjinan Sudjinan (Universitas Balikpapan)
Fitriyani Fitriyani (Universitas Balikpapan)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2019

Abstract

Begitu pesatnya pertumbuhan jumlah hotel di kota Balikpapan mulai dari hotel melati hingga ke hotel berbintang menyebabkan para pengusaha yang bergerak dibidang perhotelan harus mampu membaca serta menganalisa persaingan dan strategi pesaing benar-benar harus diamati agar eksistensi dan keberadaan hotel dapat terjaga serta tingkat market share tidak menurun. Dalam bisnis atau usaha perhotelan maka pelayanan adalah merupakan suatu hal yang sangat erat kaitannya terhadap keberhasilan suatu hotel. Pelayanan dimaksud adalah merupakan sesuatu yang diberikan oleh pihak hotel baik fasilitas hotel yang ditawarkan maupun dalam bentuk servis yang berbentuk seperti snack, minuman, sabun, pasta gigi, handuk dan lain-lain maupun pelayanan yang langsung diberikan oleh karyawan dalam bentuk perhatian serta keterampilan, pengetahuan serta kecepatan memberikan pelayanan. Oleh karena ingin mengetahui kualitas pelayanan jasa yang seperti apa yang dapat memberikan kepuasan kepada pelanggannya sehingga penelitian ini dilakukan. Dapat dikatakan bahwa tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan jasa seperti kehandalan, daya tanggap, kepastian, empati, dan berwujud terhadap kepuasan pelanggan. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji regresi linier berganda dimana dalam metode ini dapat mengetahui pengaruh kualitas pelayanan jasa terhadap kepuasan pelanggan Hotel Le Grandeur Balikpapan secara simultan maupun secara parsial.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

geoekonomi

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Social Sciences

Description

Jurnal GeoEkonomi, terbitan ini berisi artikel ilmiah bidang Ekonomi yang diterbitkan secara berkala 6 bulanan (dua kali dalam satu tahun pada bulan Maret dan September). Terbit versi cetak kali pertama pada Bulan Maret 2010 (ISSN Print: ...