Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan media flash card atau kartu bergambar dan untuk mengetahui peningkatan kemampuan vocabulary siswa kelas V dalam mata pelajaran bahasa Inggris materi pekerjaan dan hobi di SDN Randegan-Banyumas tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Randegan-Banyumas yang berjumlah 30 siswa yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Sumber data yang dikumpulkan oleh peneliti berasal dari guru, siswa, dokumen sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan media flash card dapat meningkatkan kemampuan vocabulary siswa kelas V SDN Randegan- Banyumas dalam mata pelajaran bahasa Inggris materi pekerjaan dan hobi. Sebelum diadakan tindakan penerapan media flash card, presentase ketuntasan 13.33% dengan rata-rata kelas 45.66, pada siklus I meningkat menjadi 30% dengan rata- rata kelas 51.66 dan pada siklus II meningkat menjadi 100% dengan rata-rata kelas 87.33.
Copyrights © 2019