Jurnal Pancar (Pendidik Anak cerdas dan Pintar)
Vol 3, No 1 (2019)

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI TEKNIK TALKING CHIPS MATERI KENAMPAKAN ALAM KELAS 3 SD N SLARANG 01 TAHUN 2018

Saraswati, Adjeng (Unknown)
Ridlo, Lumaur (Unknown)
Dwiyanti, Aris Naeni (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 May 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode kooperatif teknik talking chips pada mata pelajaran IPA siswa kelas 3 SD N Slarang 01 tahun 2018, serta untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Variabel penelitian ini terdiri dari dua variabel, variabel terikat yaitu hasil belajar siswa dan variabel bebas yaitu penggunaan metode kooperatif teknik talking chips. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Slarang 01 yang berjumlah 16 siswa yang terdiri dari 8 siswa putra dan 8 siswa putri. Metode penelitian yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Prosedur penelitian yang telah dilaksanakan ada dua siklus, dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, implementasi tindakan, observasi dan evaluasi, serta analisis dan refleksi. Berdasarkan hasil yang diperoleh selama pelaksanaan penelitian tindakan kelas, persentase kelulusan pra siklus yaitu 37,5% (6 siswa dari 16 siswa). Pada siklus 1 persentase kelulusan 50% (8 siswa dari 16 siswa). Pada siklus 2 persentase kelulusan 81,25% ( 13 siswa dari 16 siswa).

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

pancar

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pancar (Pendidik Anak cerdas dan Pintar) is a journal comprising a collection or compilation of researches in the field of education either containing innovation research, development research, educational experiments, or Classroom Action Research (PTK) from elementary school level to ...