Jurnal Halaqah
Vol 2 No 1 (2020): JURNAL HALAQAH, Publishing January 2020

Analisis Penerapan Kurikulum 2013 terhadap Hasil Belajar IPS Kelas V di MI Al-Fitroh

Ina Magdalena (Universitas Muhammadiyah Tangerang)
Wening Pranidana (Universitas Muhammadiyah Tangerang)
Nurul Ummah (Universitas Muhammadiyah Tangerang)
Siti Rahmi Aziah (Universitas Muhammadiyah Tangerang)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2020

Abstract

Penerapan Kurikulum 2013 lebih mendidik siswa untuk melakukan pengamatan/observasi, bertanya dan bernalar terhadap ilmu yang diajarkan. Siswa diberi pelajaran berdasarkan tema yang terintegrasi agar memiliki pengetahuan tentang lingkungan, kehidupan, dan memiliki pondasi pribadi tangguh dalam kehidupan sosial serta kreativitas yang lebih baik. Pendidikan karakter mengatur tata kelakuan manusia pada aturan khusus, hukum, norma, adat kebiasaan dalam bidang kehidupan sosial manusia yang memiliki pengaruh sangat kuat pada sikap mental (mental attitude) manusia secara individu dalam aktivitas kehidupannya. Dalam UU No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional pada Pasal 3, menyebutkan bahwa pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk karakter serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Sejalan dengan dirumuskannya Kurikulum 2013 tersebut maka peneliti tertarik untuk melaksanakan penelitian tentang pengaruh penerapan Kurikulum 2013 terhadap pembentukan karakter siswa di MI Al-Fitroh Tangerang.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

hal

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Halaqah (2685-6379) merupakan publikasi resmi komunitas literasi PAMA Aksara yang bernaung di bawah RC-INSTITUT. Edisi pertama jurnal ini diterbitkan pada tahun 2019 dalam versi online terbit empat kali dalam setahun pada bulan Januari, April, Juli dan Oktober. Jurnal ini dimaksudkan sebagai ...