Jurnal Halaqah
Vol 2 No 1 (2020): JURNAL HALAQAH, Publishing January 2020

Analisis Perbedaan antara Kurikulum KTSP dan Kurikulum 2013 di SDIT Gunung Jati Kota Tangerang

Ina Magdalena (Universitas Muhammadiyah Tangerang)
Siti Nurlatifah (Universitas Muhammadiyah Tangerang)
Rahma Sekar Kusumawaty (Universitas Muhammadiyah Tangerang)
Liana Irma Susanti (Universitas Muhammadiyah Tangerang)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2020

Abstract

Konsep kurikulum berkembang sejalan dengan perkembangan teori dan praktik pendidikan serta bervariasi sesuai dengan aliran atau teori pendidikan yang dianutnya. Menurut pandangan lama, sejak zaman Yunani Kuno, kurikulum merupakan kumpulan mata pelajaran-mata pelajaran yang harus disampaikan guru atau dipelajari siswa. Pendidikan dalam sejarah peradaban anak manusia adalah salah satu komponen kehidupan yang paling urgent. Semenjak manusia berinteraksi dengan aktifitas pendidikan ini semenjak itulah manusia telah berhasil merealisasikan berbagai perkembangan dan kemajuan dalam segala lingkup kehidupan mereka. Bahkan pendidikan adalah suatu yang alami dalam perkembangan peradaban manusia. Kurikulum sering dibedakan antara kurikulum sebagai rencana (curriculum plan) dengan kurikulum yang fungsional (functioning curriculum). Kurikulum bukan hanya merupakan rencana tertulis bagi pengajaran, melainkan sesuatu yang fungsional yang beroperasi dalam kelas, yang memberi pedoman dan mengatur lingkungan dan kegiatan yang berlangsung di dalam kelas.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

hal

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Halaqah (2685-6379) merupakan publikasi resmi komunitas literasi PAMA Aksara yang bernaung di bawah RC-INSTITUT. Edisi pertama jurnal ini diterbitkan pada tahun 2019 dalam versi online terbit empat kali dalam setahun pada bulan Januari, April, Juli dan Oktober. Jurnal ini dimaksudkan sebagai ...