Jurnal Halaqah
Vol 2 No 1 (2020): JURNAL HALAQAH, Publishing January 2020

Hubungan Motivasi Belajar terhadap Metode Mengajar Guru Bahasa Indonesia Paket C di PKBM Farilla Ilmi

Dian Mitri Amelia (Universitas Negeri Padang)
Elvi Maulida Putri (Universitas Negeri Padang)
Hayu Irma (Universitas Negeri Padang)
Hijatul Nadia (Universitas Negeri Padang)
Syuraini Syuraini (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi belajar dengan metode pengajaran guru bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi kuantitatif dengan subjek siswa dalam paket C program PKBM Farilla Ilmi, yang berjumlah 15 siswa. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel dependen berupa motivasi belajar siswa dan variabel bebas dalam bentuk metode pengajaran guru. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dalam bentuk persentase dan analisis korelasi. Sedangkan untuk hasil analisis korelasi di atas, nilai r hitung adalah 0,536. Nilai ini kemudian dikonsultasikan dengan nilai r dari tabel momen produk. Momen produk menggunakan level signifikan 0,1. Berdasarkan tujuan dan analisis data dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar guru mempengaruhi metode pembelajaran tetapi tidak signifikan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

hal

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Halaqah (2685-6379) merupakan publikasi resmi komunitas literasi PAMA Aksara yang bernaung di bawah RC-INSTITUT. Edisi pertama jurnal ini diterbitkan pada tahun 2019 dalam versi online terbit empat kali dalam setahun pada bulan Januari, April, Juli dan Oktober. Jurnal ini dimaksudkan sebagai ...