Tarbawy : Jurnal Pendidikan Islam
Vol 7 No 1 (2020): Tarbawy : Jurnal Pendidikan Islam

Efektivitas Laboratorium Virtual Kimia Berbasis Hypertext Markup Language 5 Untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Dan Prestasi Belajar

Firdiawan Ekaputra (Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
27 Apr 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji peningkatan sikap ilmiah dan prestasi belajar peserta didik kelas XI SMA 1 Godean dengan penerapan LVK berbasis HTML5 dibanding peserta didik tanpa penerapan LVK berbasis HTML5 pada materi Laju Reaksi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan satu faktor, dua variabel. Uji coba lapangan pemanfaatan LVK berbasis HTML5 adalah melalui hybrid learning. Sampel uji coba lapangan terdiri dari kelas dengan penerapan LVK berbasis HTML5 sebagai kelas eksperimen dan kelas yang tanpa penerapan LVK berbasis HTML5 sebagai kelas kontrol. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan manova untuk menguji pengaruh penerapan LVK berbasis HTML5 terhadap sikap ilmiah dan prestasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan peningkatan sikap ilmiah dan prestasi belajar peserta didik kelas XI SMA 1 Godean dengan penerapan LVK berbasis HTML5 dibanding peserta didik tanpa penerapan LVK berbasis HTML5 pada materi Laju Reaksi.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

tar

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

This journal aim is to publish articles dedicated to all aspects of the latest outstanding developments in the field of Islamic religious education. Its scope in Islamic education, Spiritual education, morals education, values education, and character education; the place and function of education ...