Lampuhyang
Vol 2 No 1 (2011)

Upaya Peningkatan Keimanan dan Ketakwaan Siswa terhadap Tuhan Yang Maha Esa melalui Pengintegrasian Ajaran Widhi Sraddha dalam Pengajaran Konsep Struktur Atom

I Gede Ariyasa (Stkip Agama Hindu Amlapura)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2011

Abstract

Mempelajari ilmu kimia tidak saja diarahkan sebagai upaya untuk menyokong kehidupan manusia secara bendawi, tetapi juga mengenal Tuhan Sang Pencipta dengan segala keagungan dan kebesaranNya. Sehingga sangatlah tepat bila dalam pengajaran konsep-konsep kimia di sekolah diperlukan suatu integrasi nilai-nilai luhur ajaran agama. Hal ini guna meningkatkan keimanan dan ketakwaan siswa terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Salah satu konsep kimia yang sangat abstrak bagi siswa kelas X SMA adalah konsep struktur atom. Guna memberikan keyakinan bahwa atom itu benar-benar ada sama seperti keyakinan kita terhadap adanya Tuhan, maka dilakukan integrasi ajaran Widhi Sraddha dalam pembelajaran struktur atom. Melalui integrasi ini, maka siswa dapat memahami bahwa pengetahuan tidak hanya dapat diperoleh melalui pengamatan (Pratyaksa Premana), tetapi dapat juga melalui logika atau pemikiran logis (Anumana Premana) dan dari keyakinan terhadap hasil-hasil penyelidikan para pakar terdahulu yang telah dituangkan dalam buku-buku (Agama Premana). Integrasi ajaran Widhi Sraddha dalam pembelajaran konsep struktur atom, dilakukan dengan langkah-langkah pembelajaran : (a) Perspektif konsep struktur atom kepada siswa; (b) Menyampaikan analogi-analogi yang dibahas dengan ajaran Widhi Sarddha yaitu dengan Agama Premana dan Anumana Premana.

Copyrights © 2011






Journal Info

Abbrev

jurnallampuhyang

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal LAMPUHYANG Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama dan Kebudayaan merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Lembaga Penjamin Mutu STKIP Agama Hindu Amlapura. Jurnal LAMPUHYANG terbit dua kali dalam setahun yaitu bulan Januari dan ...